Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Wisata Alam Posong, Semua Gunung Terlihat dalam Satu Frame
Kartu by.U, kartu digital pertama Indonesia
Xiaomi Redmi Cepat rusak?
Tips diet mudah, turun 8kg 2 bulan!
Cara mengembalikan foto yang terhapus

Mengenal Temanggung, Kota Tembakau yang Bersuhu Dingin

 


BOODS.ID - Secara geografis, Temanggung merupakan dataran tinggi dan pegunungan, yang mana termasuk bagian dari rangkaian Dataran Tinggi Dieng. Wilayah Kabupaten Temanggung mirip dengan cekungan yang terbuka di bagian tenggara, yang mana pada bagian selatan dan barat dibatasi oleh dua gunung, yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Kabupaten Temanggung berada di jalan provinsi yang menghubungkan Kota Semarang sampai dengan Purwokerto.

Temanggung beriklim tropis dan bersuhu dingin, hal membuat penduduk Temanggung sangat beruntung, sebab dengan iklim itulah mereka dapat menghasilkan tanaman-tanaman dan sayur-sayuran yang berkualitas sehingga mampu memenuhi kebutuhan ekonomi.

Salah satu ciri khas dari Kabupaten Temanggung adalah tanaman tembakau. Dari tembakau itulah Kabupaten Temanggung dijuluki sebagai Kota Tembakau. Kamu akan melihat hamparan tanaman Tembakau di lereng Gunung Sumbing dan Sindoro yang sangat sejuk.

Selain terkenal dengan tembakaunya, Temanggung juga memiliki beberapa makanan khas dan kuliner yang bisa kamu coba saat sedang berkunjung di Temanggung.

Namun kamu jangan heran, karena nama-nama makanan khas temanggung memang ngeri-ngeri sedap, bahkan terdengar aneh dan tidak wajar. Saat kamu mencicipinya, makanan khasnya tidak seburuk namanya lho, dijamin pasti ketagihan.

Kamu bisa mencicipi kuliner khas Temanggung mulai dari Ndas Borok, Sego Urap, Balung Kuwuk, Mendut, Tiwul khas Temanggung, Brongkos Kikil, Bajingan, Ketan Gudig, Entho Cothot, Empis-empis Tahu Tempe, Lento Temanggung, Tempong, Corobikang, Perkedel Kimpul, Bubur Jali, dan Nasi Goreng Tembakau, dan Sego Megono Khas Temanggung.

Fasilitas yang ada di Temanggung.

Kalau kamu sakit, kamu bisa berobat di fasilitas kesehatan yang ada di Temanggung, seperti RSUD Temanggung, RS Kristen Ngesti Waluyo, RSB Gunung Sawo II, RS PKU Muhammadiyah Temanggung.

Untuk datang ke Temanggung, kamu hanya bisa melalui jalur darat berupa bus, travel, atau kendaraan pribadi. karena di Temanggung tidak ada Bandar udara ataupun jalur Kereta Api.

Dahulu, Temanggung memiliki jalur kereta yang menghubungkan Semarang dengan Yogyakarta, namun pada tahun 1973 jalur kereta yang melewati Temanggung resmi di tutup.

Hingga kini hanya tersisa beberapa bekas stasiun peninggalan kereta api yang masih ada, yaitu Stasiun Parakan, Stasiun Kedu, dan Stasiun Temanggung.

Temanggung tidak memiliki pusat pembelanjaan yang mewah seperti yang ada di kota-kota besar, satu-satunya tempat perbelanjaan modern di temanggung yaitu Pandean Square.

Untuk kamu yang mau 'ngemall' jangan datang ke Temanggung, karena di Temanggung tempatnya liburan dengan pemandangan alam. Kamu bisa berkunjung ke taman bermain, seperti Taman Kartini, Alun-alun Temanggung, dan Taman Pancasila secara gratis atau kunjungi destinasi wisata di temanggung berikut ini.

Beberapa obyek wisata popular di Temanggung.

Temanggung “Bersenyum” adalah slogan yang sangat cocok untuk menggambarkan keadaan daerah Temanggung yang benar-benar bersih, sehat dan nyaman bagi warganya.

Maka dari itu, penduduk Temanggung juga memanfaatkan daerahnya menjadi obyek wisata yang potensial. Ada beberapa obyek wisata popular yang bisa dikunjungi sekaligus menikmati cuaca yang sejuk di Temanggung.

Wisata Alam Posong

Berada di kaki Gunung Sindoro tepatnya 1400 mdpl, tempat wisata alam Posong menjadi tujuan banyak wisatawan yang ingin berburu momen sunrise dan sunset khas Temanggung. Letak tepatnya adalah di Area Sawah, Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Jam buka untuk obyek wisata ini adalah setiap hari, pukul 04-00-16.30. Tiket masuknya mulai dari Rp. 20.000/orang. 



Credit : choerulgrin99


Video Pemandangan Alam di Wisata Alam Posong Temanggung

Alam Sewu

Walaupun Temanggung tidak sepopuler daerah lain di Jawa Tengah, namun dikenal sebagai tempat berburu sunset yang tidak kalah indahnya. Kamu tidak akan kecewa jika menghabiskan beberapa hari di sini. Salah satu pendakian buatan yang dijuluki Negeri di atas awan Temanggung adalah Alam Sewu.

Lokasinya yang berada di atas bukit membuat kawasan Alam Sewu cukup ramai di pagi hari. Alamat : Giripurno, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. 



Credit : Dio Muhammad Maulana / o.id


Gunung Kendil

Bagi kamu yang hobi mendaki gunung, pasti sering kali mendengar Gunung Kendil. Namun, jika kamu belum pernah mendaki sebelumnya dan ingin mencobanya, jalur Gunung Kendil cukup aman dan cocok untuk pendaki pemula. Tidak curam dan tidak terlalu menanjak. Meskipun aman kamu harus tetap fokus saat mendaki.

Lokasi tepatnya adalah berada di Desa Sibajag, Kecamatan Candroto, Kabupaten Temanggung. Jam bukanya setiap hari, 24 jam dan tiket masuk mulai dari Rp. 10.000/orang.


Credit : shohib_hdyt


Sigandul View (Jembatan Kaca)

Jembatan Kaca yang mana biasa disebut dengan sebutan Sigandul View adalah objek wisata terbaru di Temangung. Lokasi tepatnya adalah berada di Jalan Raya Parakan-Wonosobo, Area Sawah, Kwadungan Jurang, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Yang mana jam bukanya adalah pukul 07.00-22.00 dengan tiket masuk mulai dari Rp.15.000/orang. Tempat andalannya adalah Jembatan Kaca Sigandul setinggi 12-15 meter di lantai dua. Ketebalannya 12 milimeter, sehingga aman untuk diinjak. 


Credit : vina.khz

Sibajag Green Canyon 

Selanjutnya, kamu tidak perlu bepergian ke luar negeri untuk melihat keindahan Green Canyon. Kunjungi saja Kabupaten Temanggung karena di sini ada objek wisata baru bernama Green Canyon Sibajag. Tempatnya mudah dijangkau dari pusat Kabupaten. Daya tarik destinasi wisata ini adalah jembatan bambu yang panjangnya sekitar satu kilometer. Pastikan untuk mengabadikan momen terbaik dengan berpose di atas jembatan dan menikmati pemandangan perbukitan hijau yang menjulang tinggi sebagai latar belakang ketika kamu berfoto. 


Embung Kledung

Embung Kledung merupakan sebuah waduk yang berfungsi sebagai irigasi dan pengendalian banjir. Di embung ini kamu bisa melihat panorama berlatar Gunung. Jika kamu menghadap kearah utara kamu akan melihat pemandangan berlatar Gunung Sindoro dan jika kamu menghadap ke selatan kamu akan terpesona dengan latar belakang Gunung Sumbing, hal ini karena lokasinya tepat berada diantara 2 Gunung.

Selain berwisata, kamu juga bisa camping, karena di dekat embung tersedia camping ground juga. Kalau kamu menginap kamu bisa melihat matahari terbit dan matahari terbenam, cocok buat kamu yang suka hunting Sunrise ataupun Sunset. Akses jalannya lumayan dekat dengan jalan utama, bebas parkir, gratis stiker, dan tidak dikenakan biaya lagi saat ke kamar mandi.

Loksinya berada di Jl. Raya Parakan -Wonosobo (Jl. Ajibarang Secang), Desa Tlalab, Kecamatan Kledung, Kabuoaten Temanggung. Tiket masuk lumayan murah, hanya Rp, 10.000 per-orang.


Nah, itulah beberapa destinasi wisata di Temanggung yang patut kamu kunjungi, sebenarnya masih banyak lagi tempat lainnya yang menarik. Jangan lupa untuk mampir untuk menikmati suasana Temanggung yang dingin.

Posting Komentar untuk "Mengenal Temanggung, Kota Tembakau yang Bersuhu Dingin"