Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Wisata Alam Posong, Semua Gunung Terlihat dalam Satu Frame
Kartu by.U, kartu digital pertama Indonesia
Xiaomi Redmi Cepat rusak?
Tips diet mudah, turun 8kg 2 bulan!
Cara mengembalikan foto yang terhapus

Wisata Katep Pass Magelang yang Mempesona, Wajib Berkunjung!

 

Ketep Pass

BOODS.ID - Sudah tahu belum ada wisata di Magelang yang sangat indah dan menarik? Katep Pass Magelang adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Destinasi wisata Magelang ini memiliki daya tarik yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Langsung saja simak ulasan lengkapnya wisata Keteppass Magelang di sini. 

Katep Pass Magelang yang Indah

Objek wisata di Magelang yang harus dikunjungi adalah Kateppass. Tempat yang cocok didatangi ketika ingin menikmati pemandangan kota Magelang dari ketinggian. Pada tempat itu ada beberapa pilihan tempat lagi yang dapat membuat liburan jadi lebih seru di kota Magelang.

Ketep Volcano Center

Objek wisata pertama yang harus dikunjungi adalah katep volcano center. Ini merupakan museum vukanologi yang memiliki beragam informasi tentang gunung berapi khususnya Merapi. Di dalam museum ini ada banyan miniature gunung Merapi. 

Selain itu terdapat juga komputer interaktif yang isinya dokumen seputar gunung api serta beberapa contoh bebatuan yang menjadi bukti adanya letusan gunung api dari tahun ke tahun. Selain itu ada juga poster puncak Garuda, poster peringatan lahar Gunung Merapi, serta foto letusan dahsyat Gunung Merapi.

Teropong Ketep Pass

Keteppass Magelang juga memiliki 2 terpong yang dapat dipakai para pengunjung atau wisatawan yang datang agar bisa lebih jelas melihat pemandangan di ketinggian. Lokasi dari teropong Katep Pass ini ada di puncak Panca Arga dan Gardu Pandang. 

Memanfaatkan teropong yang ada di objek wisata ini bisa menikmati secara lebih dekat lagi seperti apa keindahan Magelang dari ketinggian. Gunung yang dapat dilihat menggunakan teropong tersebut ada Merapi, Andong, dan juga Merbabu.  

Pelataran Panca Arga

Objek wisata yang lain di Katep Pass yang tidak boleh dilewatkan ada pelataran Panca Arga. Wisatawan dapat melihat langsung 5 gunung dari tempat ini. Gunung yang paling dekat adalah Gunung Merapi. Letak Katep Pass sendiri memang berada diantara dua gunung yaitu Merapi dan Merbabu. 

Tak hanya dua gunung itu saja yang dapat dilihat dari pelataran Panca Arga ini, masih ada Gunung Slamet, Sindoro, dan Sumbing. Bayangkan bagaimana indahnya pemandangan dari beberapa gunung tersebut jika dilihat secara langsung dari pelataran Panca Arga. 

Tak hanya itu saja ada juga beberapa bukit yang tak kalah cantik bisa dinikmati di pelataran tersebut. Diantaranya ada gunung kecil Tidar, Telemoyo, Menoreh, dan Andong. Bagi wisatawan yang biasa berada di tengah kota yang ramai maka bisa datang ke tempat ini untuk melihat pemandangan yang mamanjakan mata. 

Bioskop Mini Ketep Pass

Katep Pass Magelang memang destinasi wisata yang unik. Di sini terdapat bioskop mini yang bisa menampung pengunjung sebanyak 78 orang. Nanti wisatawan bisa menikmati beberapa film sejarah dari Gunung Merapi. 

Ada film peristiwa terbentuknya Gunung Merapi, ada juga jalur pendakian yang terdapat di Gunung Merapi yang juga dikemas dalam film apik, serta penelitian di Puncak Garuda, hingga peristiwa Letusan Gunung Merapi yang dahsyat.

Setiap film memiliki durasi kurang lebih 25 menit. Dapat dikatakan ini bagus sebagai wisata edukasi sehingga generasi penerus bisa tahu seperti apa sejarah gunung Merapi dan peristiwa penting yang pernah terjadi. Tempatnya nyaman dan cocok untuk anak-anak hingga dewasa.

Gardu Pandang Ketep Pass

Gardu Pandang di Katep Pass Magelang ini juga menjadi salah satu tempat yang banyak diminati wisatawan. Di sini pengunjung dapat melihat pemandangan alam sekitar dengan leluasa. Ada dua buah gazebo di sini yang terdiri dari dua ukuran yaitu 4 meter persegi dan bangunan segi 8 dengan ukuran 5 meter untuk tiap sisinya. 

Melalui Gardu Pandang ini wisatawan bisa melihat apa saja yang menjadi keindahan alam di Magelang. Hamparan sawah juga bisa terlihat dengan jelas, dengan latar Gunung Merapi dan Merbabu suasana di sini sangat nyaman dan asri.

Warung di Ketep Pass

Selain tempat wisata utama di ketep pass, kamu juga bisa sarapan ataupun minum kopi di warung-warung yang ada di sekitar Ketep Pass. Satu cangkir kopi, soto, dan mendoan sangat cocok dimakan di tempat yang dingin seperti Ketep Pass ini, di tambah lagi pemandangan gunung Merbabu dan Merapi yang menyejukkan mata.

Rute Menuju Ketep Pass

Untuk bisa menuju Kateppass Magelang ini bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Jalannya sudah bagus dan mulus. Jalur pertama bisa melalui Jl. Magelang menuju Muntilan. Jika sudah sampai di pertigaan Blabak langsung saja belok kanan hingga masuk Sawangan dan ikuti jalan menuju Kateppass Magelang.

Jalur kedua bisa dari Jalur Selo dengan melewati Boyolali lanjut ke Pasar Selo dan bisa langsung sampai ke Kateppass Magelang. Tempat ini tutup di hari Senin. Jam operasionalnya dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore. 

Namun Kamu harus mempertimbangkan waktu yang tepat saat hendak berkunjung. Karena Gunung Merapi adalah gunung paling aktif di Indonesia, Gunung Merapi Meletus kapan saja. Jadi kamu harus hati-hati dan perhatikan kondisi Gunung Merapi sebelum liburan ke sini, karena erupsi Merapi kapan saja terjadi.

View Ketep Pass

Pemandangan yang akan kamu dapatkan di Ketep Pass adalah View 2 Gunung dalam satu frame. Jika beruntung kamu bisa melihat matahari terbit di tengah-tengah diantara dua gunung, yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Mirip seperti gambar anak SD kan?

View Ketep Pass

Foto Ketep Pass

Itu dia sedikit ulasan tentang Kateppass Magelang yang wajib dikunjungi. Gimana? Tertarik untuk berlibur ke Magelang?

Posting Komentar untuk "Wisata Katep Pass Magelang yang Mempesona, Wajib Berkunjung!"