Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Wisata Alam Posong, Semua Gunung Terlihat dalam Satu Frame
Kartu by.U, kartu digital pertama Indonesia
Xiaomi Redmi Cepat rusak?
Tips diet mudah, turun 8kg 2 bulan!
Cara mengembalikan foto yang terhapus

Manfaat Kecombrang / Honje yang tidak Banyak Orang Tahu. No 7 Cocok Buat Bunda!

 

Manfaat Kecombrang

BOODS.ID - Kecombrang adalah sejenis tumbuhan rempah-rempah. Tumbuhan ini hampir mirip dengan tamanan lengkuas, daun dan batangnya mirip sekali, hanya saja batang kecombrang lebih bongsor dan daunnya lebih lebar. Selain itu perbedaan yang spesifik adalah tanaman kecombrang memiliki wangi atau aroma khas yang berbeda dengan tanaman lengkuas, aroma batang kecombrang lebih wangi. 

Tanaman ini tidak mengenal musim karena berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Kecombrang memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah, di Jawa Barat disebut honje, di Banyumas Raya diebut Burus, di sumatera utara disebut kincung, di Aceh disebut bungong kala, di Bali disebut kecicang, dan masih banyak sebutan yang berbeda untuk menyebut kecombrang ini. Kalau di daerah kamu kecombrang disebut apa?

Kecombrang, Tanaman Sejuta Manfaat yang Bisa Bikin Awet Muda

Kecombrang memiliki segudang manfaat, dari batang, bunga, buah, hingga bijinya semua dapat dimanfaatkan. berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari batang kecombrang / honje sampai buahnya.

Dapat digunakan sebagi bahan masakan

Kecombrang memang terkenal sebagai rempah-rempah, dari batang hingga bijinya dapat dimanfaatkan untuk bahan masakan. Batang kecombrang muda (umbut kecombrang) dapat ditumis atau di pecak. Batang bunga kecombrang (tangkai muda) dapat dibuat ayam goreng kecombrang, cara masaknya sama dengan ayam goreng lengkuas. Bunganya dapat dimasak dengan tumis kangkung, kacang, bayam dan sayuran lain. Di Banyumas, bunga kecombrang dimanfaatkan sebagai campuran sayur pecel, di Sumatera dapat dimasak dengan santan (semacam kari), sedangkan di Bali dapat dimasak sambal matah kecombrang.

Namun perlu diingat, tidak semua orang menyukai rasa dari kecombrang ini. Rasa asam dan aroma yang khas itu membuat sebagian orang tidak menyukainya. Mirip-mirip dengan buah durian, ada orang yang menyukai ada juga yang tidak.

Dapat digunakan sebagai pengganti sabun mandi

Sebelum orang mengenal sabun, batang kecombrang sering digunakan sebagai pembersih badan. Kandungan anti bakteri pada tanaman kecombrang dapat membersihkan tubuh dari kuman-kuman yang menempel. Cara pakainya cukup di tumbuk hingga batangnya menjadi seperti serabut, kemudian di gosok-gosokkan ke seluruh tubuh.

Batang kecombrang

Dapat digunakan sebagai penghilang bau badan

Selain bermanfaat sebagai pengganti sabun mandi, Aroma yang khas dari kecombrang dapat digunakan sebagai penghilang bau badan dan akan membuat tubuh kamu lebih wangi. Cara pakainya yaitu dengan cara direbus dengan daun sirih, potong-potong batang kecombrang seukuran 10 cm atau sesui kebutuhan, kemudian di pukul-pukul / di geprek agar. Air rebusan batang kecombrang dan daun sirih dapat menghilangkan bau badan. 

Dapat membuat kamu lebih relax

Untuk sebagai relaxing kamu bisa berendam dalam bath thub dengan campuran air rebusan batang kecombrang dan daun sirih, tubuh kamu akan terasa lebih rileks, selain itu dapat juga mengurangi stres / penat. Cara pakainya dengan direbus atau sama dengan poin diatas. Hanya saja dibuat untuk berendam.

Dapat dimanfaatkan sebagai pembersih luka

Kandungan anti bakteri yang ada pada Kecombrang, selain sebagi pembersih badan, ternyata kecombarang juga bisa digunakan sebagai obat luka. Cara pakainya dengan di tumbuk, namun baiknya gunakan bagian daun atau bunganya saja karena lebih lembut dibandingkan batang kecombrang yang teksturnya kasar.

Dapat digunakan sebagai anti-aging agar awet muda

Kecombrang memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi, zat aktif flavonoid dapat dimanfaatkan sebagai penangkal radikal bebas. Cara yang paling efektif sebagai penangkal radikal bebas adalah dengan dibuat jus bunga kecombrang ataupun buah kecombrang. Rasanya sedikit asam, tapi manfaatnya luar biasa. Perlu di ketahu bahwa anti oksidan yang terkandung dalam kecombrang atau honje akan hilang jika terkena panas atau api, jadi untuk memaksimalkan manfaatnya dapat dimakan atau di jus tanpa dipanaskan / dimasak.

Bunga Kecombrang

Dapat melancarkan ASI

Buat bunda yang sedang menyusui, pasti sangat membutuhkan ASI sebagai asupan gizi buah hati. Selain daun katuk yang dapat melancarkan ASI ternyata bunga Kecombrang juga dapat melancarkan ASI loh, jadi jangan sia-siakan ya bunda-bunda.

Sebenarnya masih banyak manfaat yang bisa diperoleh dari Kecombrang, namun poin di atas adalah poin yang paling penting yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat!


Kamu belum mimiliki tanaman ini? Tertarik dengan manfaat tanaman Kecombrang? 

Bibit kecombrang


Pesan Sekarang!



Bisa kirim kemanapun, dijamin AMAN!

Posting Komentar untuk "Manfaat Kecombrang / Honje yang tidak Banyak Orang Tahu. No 7 Cocok Buat Bunda!"