Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Wisata Alam Posong, Semua Gunung Terlihat dalam Satu Frame
Kartu by.U, kartu digital pertama Indonesia
Xiaomi Redmi Cepat rusak?
Tips diet mudah, turun 8kg 2 bulan!
Cara mengembalikan foto yang terhapus

Tahu Pojok Magelang, Kuliner Kupat Tahu Khas Magelang Paling Legendaris

 

Tahu Pojok Magelang

Kupat tahu adalah salah satu makanan khas Magelang dari dari beberapa daftar yang ada. Beberapa daerah di Indonesia menyajikan kuliner ini dengan rasa dan bahan-bahan yang berbeda-beda. Jika dengan melihat resep ketupat tahu saja, kita bisa melihat bahwa Ketoprak dari Jakarta, Karedok dari Bandung, Tahu masak dari Banyumas adalah kuliner yang sejenis dengan Kupat Tahu ini.

Kalau di Solo disebut Tahu Kupat, sedangkan di Magelang disebut Kupat Tahu. Meskipun sekilas sama, tapi rasanya berbeda. Magelang memiliki kuliner kupat tahu yang khas, karena resep yang berbeda membuat kudapan ini memiliki citarasa yang berbeda lain yang lain.

Ada banyak penjual Kupat Tahu di Magelang, namun yang akan direview kali ini adalah Tahu "Pojok" Magelang. Salah satu restoran Kupat Tahu yang cukup terkenal. Disebut "Tahu Pojok" karena memang lokasinya berada di pojok jalan atau persimpangan jalan. Saking terkenalnya, banyak pejabat publik yang fotonya terpampang di dinding resto.

Beberapa tokoh nasional sudah pernah makan di resto ini, diantaranya mantan Presiden RI, Bpk. Susilo Bambang Yudhoyono beserta istrinya Ibu Ani Yudhoyono, mantan Gubernur DKI Jakarta, Bpk. Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah, Bpk. Ganjar Pranowo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bpk. Sandiaga Uno, dan masih banyak lagi tokoh-tokoh publik yang pernah mencicipi Kupat Tahu Pojok Magelang.

Resto ini sudah cukup lama berdiri, bahkan sudah ada sebelum Republik Indonesia terbentuk. Dari pertama kali buka pada tahun 1942 namun cita rasa yang disajikan tidak pernah berubah meskipun sudah melewati beberapa generasi.

Kupat tahu

Kupat Tahu Pojok ini memiliki cita rasa gurih, jika umumnya kebanyakan makanan yang sejenis memiliki citarasa yang cenderung manis, berbeda kupat tahu pojok Magelang ini yang tidak terlalu manis. Bumbu kacangnya juga melimpah meskipun cenderung encer, bahkan terkesan seperti kuah. Meskipun encer tapi bumbu kacangnya terasa. Kupat tahu pojok gak berbeda dengan bumbu kupat tahu jawa pada umumnya yang cenderung lebih manis.

Bahan-bahan utama ada ketupat, tahu, tauge, kol/kubis, potongan gorengan, daun bawang seledri dan bawang goreng. Kamu bisa memesan yang biasa atau yang spesial pakai telur dadar. Selain itu kamu juga bisa menambah sendiri gorengan dan udang goreng yang disediakan di meja, tentu ada harga tersendiri.

Untuk minumannya Tahu Pojok Magelang juga menyediakan berbagai jenis minuman, seperti es campur, es cendol/dawet, es teh, es jeruk, dan lain sebagainya.

Resto ini tidak menyediakan daftar menu, sehingga harga jual per-porsi tidak diketahui. Namun sebagai gambaran, satu porsi kupat tahu tanpa telur, satu es cendol dawet, dan satu tusuk sate udang goreng seharga Rp, 26.000. Menurut kamu harga segitu mahal atau terjangkau?

Jika kamu berkunjung ke kota Magelang, jangan lupa untuk mencicipi Kupat Tahu khas Magelang dari Tahu Pojok Magelang yang berada di timur alun-alun kota Magelang atau di depan Pizza Hut Magelang. Jika kamu pakai google map, cari saja dengan kata kunci "Tahu Pojok Magelang" pasti akan langsung diarahkan.

Demikian review Kupat Tahu Pojok Magelang, semoga dapat menjadi referensi kamu saat berkunjung dan kulineran di Magelang. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Tahu Pojok Magelang, Kuliner Kupat Tahu Khas Magelang Paling Legendaris "