Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Wisata Alam Posong, Semua Gunung Terlihat dalam Satu Frame
Kartu by.U, kartu digital pertama Indonesia
Xiaomi Redmi Cepat rusak?
Tips diet mudah, turun 8kg 2 bulan!
Cara mengembalikan foto yang terhapus

Statistika; Pengertian Kuartil, Desil, dan Persentil

ilmu statistika


BOODS.ID - Statistik adalah hasil data yang ditampilkan dalam bentuk tabel, diagram (grafik) dan lain sebagainya. Statistik banyak digunakan dalam berbagai bidang pendidikan, seperti ekonomi, bisnis, manufaktur, pemasaran, dan lain sebagainya. Statistik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah angka-angka atau data-data yang dikumpulkan, dikelompokkan, dan ditabulasi sehingga didapatkan informasi berkaitan dengan masalah tertentu.

Data-data yang ditampilkan tersebut diperoleh melalui wawancara atau dari hasil kolektif lainnya. Data atau angka yang diolah disebut statistik, dan ilmu yang mempelajari pengolahan data disebut statistika.

Penerapan ilmu statistik dalam bidang Pendidikan telah memberikan kemudahan dalam setiap pengambilan keputusan atau kesimpulan. Hal tersebut dikarenakan dalam ilmu statistik menganut sistem angka yang membuat perumpaan sikap manusia dijadikan atau diresepresentasikan sebagai sebuah hasil. Hal tersebut disimbolkan dalam bentuk angka.

Dalam statistika pendidikan, dikenal beberapa istilah penting antara lain: Kuartil (Q), Desil (Ds), dan Persentil (Ps). Kuartil, desil, dan presentil adalah tiga hal yang erat kaitannya dengan penelitian kuantitatif, terutama yang berhubungan dengan data ordinal. Ketiganya sering juga digunakan dalam penelitian social science pada bidang pendidikan. Untuk memahami secara mendalam perlu dipelajari dan dilatih dalam menghitung setiap angka yang muncul. 

Dalam Artikel ini akan dijelaskan mengenai apa itu kuartil, desil dan persentil yang dibagi dalam 3 bagian seperti dibawah ini:

Apa yang dimaksud dengan kuartil?

Apa yang dimaksud dengan desil?

Apa yang dimaksud dengan persentil?

Silakan baca bagian-bagian tersebut untuk memahami secara menyeluruh.

Posting Komentar untuk "Statistika; Pengertian Kuartil, Desil, dan Persentil"