Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Wisata Alam Posong, Semua Gunung Terlihat dalam Satu Frame
Kartu by.U, kartu digital pertama Indonesia
Xiaomi Redmi Cepat rusak?
Tips diet mudah, turun 8kg 2 bulan!
Cara mengembalikan foto yang terhapus

Gunung Telomoyo, Gunung Berapi Aktif yang Tidak Punya Kawah

Gunung Telomoyo


BOODS.ID - Apakah kamu sudah pernah datang di wisata gunung Telemoyo yang berlokasi di Magelang? Jika belum, kamu harus tahu beberapa hal menarik tentang gunung ini.

Telomoyo dimana?

Gunung Telomoyo terletak diantara dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Ketinggian Gunung Telomoyo sekitar 1.900 meter. Meskipun Gunung Telomoyo masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang tapi Kota Terdekat dari gunung Telomoyo adalah Kota Salatiga. Tiket masuk ke puncak gunung Telomoyo cukup murah, hanya sekitar Rp, 15.000 (harga pertengahan tahun 2022) melalui pintu masuk Dalangan. Untuk sampai puncak, kamu bisa naik sepeda motor sendiri atau menggunakan mobil Jeep sewaan yang tersedia di lokawisata Gunung Telomoyo.

Puncak Gunung Telomoyo menjadi salah satu primadona wisatawan karena menawarkan pemandangan yang mengagumkan. Jika beruntung, kamu bisa melihat rumah-rumah penduduk sekitar gunung Telomoyo dari ketinggian, kalau pas lagi apes, kamu hanya akan melihat kabut. Padatnya pengunjung tentu tidak mengherankan, karena wisata gunung Telemoyo memang merupakan salah satu gunung yang mudah dijangkau tanpa perlu didaki. Apalagi akhir pekan, pasti akan banyak wisatawan yang berdatangan.

Jika kamu berencana menaiki gunung ini dengan sepeda motor, harap untuk menyiapkan segala perlengkapannya, misalnya helm atau perlengkapan berkendara lainnya. Jangan lupa juga periksa kendaraan terlebih dulu, pastikan sepeda motor kamu aman dan kuat untuk menanjak di tanjakan yang tajam. Selain itu, kamu juga harus memakai jaket karena cucanya sangat dingin di puncaknya.

Fakta Tentang Gunung Telemoyo

Di kalangan pendaki gunung, wisata gunung Telemoyo mungkin tidak sepopuler puncak gunung-gunung yang lain. Alasan yang pertama mungkin untuk mencapai puncak gunung ini tidak membutuhkan effort yang tinggi, karena bisa dilakukan sambil mengendarai sepeda motor. Selain itu, jalanan yang beraspal juga mempermudah pengunjung sampai ke puncak, sehingga begitu mudah diakses.

Gunung Berapi yang Tidak Pernah Meletus

Gunung Telemoyo termasuk ke dalam jenis gunung berapi yang berbentuk stratovolcano atau gunung api berbentuk kerucut. Namun, gunung setinggi 1.864 meter ini belum pernah sekalipun meletus. Belum ada catatan sejarah yang menulis bahwa Gunung Telomoyo meletus. Meski demikian, dengan bentuknya yang kerucut, tidak diragukan lagi bahwa Gunung Telomoyo merupakan gunung yang memiliki sejarah vulkanik.

Wisata gunung Telemoyo diyakini berasal dari letusan gunung api purba Soropati yang menyebabkan kerusakan parah jutaan tahun lalu. Kerusakan ini kemudian melahirkan banyak cerita legenda unik di daerah Jawa Tengah seperti Gunung Telomoyo, Gunung Batok dan Gunung Andong.

Dikelilingi Banyak Gunung

Gunung Telomoyo diapit beberapa gunung. Adapun gunung yang mengelilingi Telemoyo adalah Gunung Andong, Gunung Ungaran, Gunung Sumbing, dan juga Gunung Merbabu. Ini lah yang juga menjadi daya tarik wisatawan, karena bisa melihat gunung-gunung tersebut dari puncak gunung Telomoyo. Salah satu destinasi wisata yang berada di lereng gunung yang mengelilingi gunung Telomoyo adalah ketep pass di lereng merbabu dan merapi.

Gunung Berapi Tidak Memiliki Kawah

Fakta menarik selanjutnya adalah Gunung Telomoyo tidak memiliki kawah layaknya gunung berapi. Kamu tidak akan menemukan asap belerang yang keluar dari celah-celah bebatuan. Meskipun begitu Gunung Telomoyo merupakan gunung berapi yang suatu saat ada kemunginan meletus. Lebih parahnya letusannya bisa berbahaya dan lebih dahsyat karena tidak pernah meletus. 

Sebagai Pusat Transmisi Stasiun Televisi

Di puncak Gunung Telomoyo yang tanpa kawah menjadikan gunung ini menjadi lokasi yang stategis untuk membangun Stasiun pemancar televisi maupun radio. Begitu kamu sampai di puncak, kamu akan menemukan puluhan tower pemancar dari berbagai stasiun televisi atau radio. karena hal ini lah, puncak gunung Telomoyo disebut juga Puncak Transmisi.

Puncak Telomoyo

Memiliki Pemandangan yang Mempesona

Gunung Telomoyo menawarkan keindahan alam yang mengagumkan, kamu bisa melihat berbagai macam gunung dari ketinggian. Selain pemandangan alam, kamu juga bisa melihat rumah-rumah warga yang tampak sangat kecil jika dilihat dari puncak. Spot terbaik adalah saat pagi, kamu bisa melihat sun rise ataupun sun set dari puncak gunung Telomoyo.

Puncak Telomoyo

Tempat Paralayang Tertinggi di Indonesia

Hal menarik dari wisata gunung Telemoyo adalah tempat Paralayang tertinggi di Indonesia. Bahkan menurut beberapa sumber, ketinggian Telomoyo yang mencapai hampir 2.000 meter di atas permukaan laut menjadikannya sebagai pangkalan paralayang tertinggi di Indonesia. Paralayang Telomoyo adalah salah satu yang paling populer di Indonesia. Dari lapangan di puncak gunung, paraglider lepas landas dan terbang menjelajahi keindahan alam sekitar Gunung Telomoyo.

Di ketinggian, menaiki paralayang di Telomoyo sungguh menyenangkan. Kamu bisa melihat keindahan wilayah Kabupaten Semarang, Salatiga dan Magelang sambil melayang di udara.

Itulah tadi beberapa fakta menarik mengenai wisata gunung Telemoyo. Jika kamu sedang berada di Salatiga, Semarang atau Magelang, kamu wajib berkunjung ke sini.

Inggil Telomoyo

Selain sebagai tempat paralayang, ternyata di gunung telomoyo juga ada tempat untuk Flying Fox. Untuk kamu yang ingin bermain flying fox silakan datang ke inggil telomoyo. Kamu bisa terbang seperti burung di telomoyo dan menikmati keindahan alam dari puncak gunung seperti burung. Inggil park telomoyo memberikan harga murah untuk menaiki flying fox hanya sebesar 25 Ribu saja.

Itulah beberapa keunikan Gunung Telomoyo, kalau kamu mencari tempat wisata di Magelang dan sekitarnya silakan datang ke Gunung Telomoyo.

Posting Komentar untuk "Gunung Telomoyo, Gunung Berapi Aktif yang Tidak Punya Kawah"