Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Wisata Alam Posong, Semua Gunung Terlihat dalam Satu Frame
Kartu by.U, kartu digital pertama Indonesia
Xiaomi Redmi Cepat rusak?
Tips diet mudah, turun 8kg 2 bulan!
Cara mengembalikan foto yang terhapus

Kota Cilacap

kota cilacap
 cilacap bercahaya l fastnlow.net
Cilacap, apa yang terlintas dibenak kamu saat mendengar kata "Cilacap"? Cilacap ngapak? Aduhh, Cilacap dimana ya? Atau mungkin kamu langsung tahu semua tentang Cilacap? Mulai lokasi Cilacap, makanan khas Cilacap, bahasa ngapak Cilacap atau pantai di Cilacap? Mungkin sebagian dari kamu belum ada yang tahu, mari kita jelajah Cilacap disini.

Kota Cilacap adalah kota ini ada di pesisir selatan Jawa, kota paling pojok barat di jawa tengah. Kota ini terbagi menjadi 3 kecamatan yaitu Cilacap Selatan, Cilacap Tengah, dan Cilacap Utara. Namun akhir-akhir ini ada rencana perluasan perkotaan Cilacap meliputi Tritih, Proliman, dan Slarang. Kota ini masih satu budaya dengan Budaya Banyumasan/ngapak, karena kota ini berjarak kurang lebih 90 km dari Kota Purwokerto (pusat budaya ngapak) ke arah selatan. Kota Cilacap bukan kota otonom, kota ini masih bagian dari Kabupaten Cilacap. Sebenarnya sudah seharusnya Cilacap menjadi kota madya. Karena mengingat begitu luasnya Kabupaten Cilacap.

Jargon kota ini adalah Cilacap Bercahaya. Di kota ini banyak sekali industri-industri besar yang beroperasi. Mulai dari Holcim (sekarang DYNAMIX), Unit pengolahan IV Pertamina, Bogasari, PLTU, dll. Tidak ayal jika kota ini menyandang kota industri. Bahkan kota ini memperoleh PDB dan PAD terbesar kedua di Jawa Tengah setelah Kota Semarang.

Saat ini Kota Cilacap semakin berkembang, salah satu tandanya adalah semakin banyaknya pembangunan hotel di kota ini, beberapa hotel hotel berbintang jaringan nasional sedang melakukan pembangunan ekspansi di kota ini. Tentu dengan adanya hotel baru di kota ini akan semakin mengakomodasi kebutuhan investor di Kota Cilacap. Kalau dulu mungkin para investor yang datang ke Cilacap akan bermalam di Kota Purwokerto, namun hal ini tidak akan terjadi lagi karena di cilacap sudah banyak pilihan hotel untuk menginap.

Tapi jangan heran jika datang ke Cilacap, dikota ini biaya hidupnya sangat mahal, mungkin karena Cilacap adalah kota industri. Jika di bandingkan, kamu makan nasi telur di Jogja cukup Rp, 6.000, di Cilacap bisa Rp, 11.000. Jika kamu mau liburan ke Cilacap siapkan uang yang banyak yaa... Hehe.

Sebenarnya Cilacap bukan kota tujuan wisata, karena destinasi wisata masih minim disini hanya ada beberapa yang mungkin bisa kamu kunjungi. Alun-alun Cilacap, Pantai Widara Payung dan Pantai Jetis (kedua pantai ini sangat jauh dari kota Cilacap) Pulau Nusa Kambangan, Pantai Teluk Penyu, Benteng Pendem, Pantai Kalipat, Pantai Permisan, Pantai Karang Pandan, dan Pantai Kali Kencana.

Untuk tata kota di perkotaan Cilacap sangat rapi, lebih rapi dibanding dengan kota-kota lain di Jawa Tengah.

Makanan khas di Cilacap tidak terlalu jauh dengan tetangganya, yaitu Mendoan karena memang masih satu budaya dengan Banyumas. Akan tetapi ada lagi makanan khas lainnya yaitu Kerupuk Ikan Tenggiri, sale pisang, dan lainnya.

Untuk moda transpotrasi di Kota Cilacap ada Angkutan Kota, Cilacap Taxi, Bus antar kota. Kereta Api, jalur laut, dan yang terakhir ada Bandar Udara Tunggul Wulung yang melayani penerbangan ke Halim Perdana Kusuma dan Semarang.

Mau liburan ke Cilacap? Yuk lengkapi kebutuhan Traveling-mu di boods.id ada segala macam jaket, segala macam sepatu dan lain sebagainya.

Lihat juga Kota Purwokerto

Posting Komentar untuk "Kota Cilacap"