Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Wisata Alam Posong, Semua Gunung Terlihat dalam Satu Frame
Kartu by.U, kartu digital pertama Indonesia
Xiaomi Redmi Cepat rusak?
Tips diet mudah, turun 8kg 2 bulan!
Cara mengembalikan foto yang terhapus

Tips Aman Naik Kendaraan Umum, Bus Antar Kota Antar Propinsi. Dijamin Aman dari Pencopet




Tip menghilangkan bau sepatu


BOODS.ID - Kamu pernah kecopetan di bus? Bagimana Rasanya di copet? Kamu tahu cara menghindari pencopet?

Kamu yang suka naik bus atau kendaraan umum, pasti was-was dong kalau hendak naik kendaraanumum? jangan Takut, mari simak tips menghindari pencopet di kendaraan umum.
Kali ini akan kita kami bahas cara terhindar dari pencopet di kendaraan umum atau tranportasi umum berupa bus atau angkutan kota.

Kita sebagai manusia umumnya tak akan pernah lepas dari yang namanya kendaraan, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, karena tanpa adanya kendaraan mobilitas kita akan terganggu. Coba kita bayangkan kalau di dunia sekarang tidak ada kendaraan, kita ke kantor,  ke sekolah, dan aktifitas lainnya akan terasa sulit bukan?

Untuk itu kita apresiasi perkembangan moda transportasi yang semakin canggih dan tentunya semakin nyaman untuk para penggunanya. Ada kalanya transportasi secanggih apapun tidak menghindarkan kita dari tindak kriminalitas di kendaraan umum, baik pelecehan seksual yang bahkan sampai tindakan pemerkosaan, pencopetan, jambret,  dan lain sebagainya.
Untuk itu, kami akan memberikan tips untuk sobat yang sering naik moda transportasi umum terutama bus. Mari kita simak.

1. Pilih bus umum yang menurut kamu terjamin keamanannya, misalnya terdapat awak bus yang mengawasi penumpang, bus tersebut jarang sekali terdapat tindakan kriminal. Karena bus tersebut adalah bus eksklusiv yang biasanya pemesanan tiket melalui counter / agen. Sudah pasti akan aman, karena tidak menurunkan dan menaikkan penumpang di jalan. Karena tujuannya sudah jelas naik di kota A dan turun di kota B semua.

2. Duduklah di bangku paling depan, minimal pertengahan badan bus ke depan. Karena pencopet menyasar penumpang yang di belakang. Dengan duduk di bangku deretan depan,  kamu akan terbantu atau terlihat oleh penumpang yang duduk di bangku belakang kamu. Selain itu juga dekat dengan crew bus yang akan membantu kamu.

3. Jika tidak ada bangku depan yang tersedia, duduklah di bangku yang dekat jendela, karena kamu akan terhalangi tindakan pencopetan, pencopet biasanya menyasar penumpang yang mudah lokasinya. Terutama yang dekat dengan lalu lintas orang, pasti pencopet dengan mudah mengambil barang milik kamu.

4. Jika tidak ada yang dekat dengan jendela, kamu harus waspada, simpan barang berharga anda di tempat yang paling aman. Misalnya di bagian tas yang sulit di jangkau pencopet. Bagian paling dalam biasanya sulit dijangkau.

5. Pangku tas kamu dan peluk,  karena itu akan melindungi tas kamu dari tindakan pencopetan. Dan pastikan, posisi resleting di bagian bawah/dalam saat di peluk untuk melindungi barang berharga kamu jika kamu tertidur, pencopet akan kesulitan mengambil barang kamu jika posisi tas dibalik.

6. Usahakan jangan bepergian jauh saat malam hari. Jika mendesak dan mengharuskan kamu pergi malam-malam usahakan jangan tidur,  karena pencopet menyasar penumpang yang lengah. Kamu bisa mendengarkan musik atau main game untuk membantu kamu tetap terjaga.

7. Usahakan jangan pergi sendirian. Lebih baik pergi rame-rame bukan? Kamu bisa menjaga satu sama lainnya. Tapi kalau kamu terpaksa pergi sendiri usahakan hati-hati dan waspada.

8. Usahakan jangan memakai pakaian atau pernak pernik yang mengundang kejahatan, seperti pemakaian aksesories yang berlebihan. Pakailah pakaian yang nyaman dan tidak mengindang/memancing pencopet. Biasanya pencopet pasti memilih orang, mana orang yang ada uang atau tidak.

9. Usahakan kamu bawa uang di dompet seperlunya saja, lainnya tetap di Bank/ATM kamu. Jadi kalau kamu kena copet, minimal uang yang diambil tidak banyak.

Ok sobat, demikian tips dan trik menghindari pencopet dalam bus. Semoga Bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Tips Aman Naik Kendaraan Umum, Bus Antar Kota Antar Propinsi. Dijamin Aman dari Pencopet "